Pemkot Samarinda Harusnya Bangun Sekolah Aman Bencana

Foto: Wakil Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Samarinda, Sani Bin Husain (Ist).

Samarinda, Prediksi.co.id- Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda seharusnya dapat membangun Sekolah Aman Bencana. Hal itu disampaikan Wakil Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Samarinda, Sani Bin Husain.

Menurutnya, pembangunan ini nantinya harus melibatkan kajian dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Samarinda.

"Dibutuhkan sinergi dalam rangka penghimpunan data tersebut, terkhusus sekolah yang terdampak dan rawan akan bencana," kata Sani.

Tidak hanya BPBD, lanjut dia, kerja sama juga diperlukan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dalam proses pendataan tersebut.

Sani menjelaskan, pembangunan Sekolah Aman Bencana membutuhkan tiga faktor dasar sebagai landasan, yakni pendataan sekolah yang rawan bencana, tindakan yang diperlukan dan dorongan terhadap peraturan daerah (perda).

“Diperlukan usaha dan tindakannya, percuma jika hanya niatnya saja,” jelasnya.

Untuk memulai, ia akan mengusulkan pembangunan tersebut kepada komisi beserta fraksi. Setelah itu, usulan tersebut akan final dengan pengajuan di Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda).

“Kita usulkan dulu bersama teman-teman, selanjutnya Bapemperda yang nanti akan membuat kajian akademiknya,” ujarnya.

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini berharap, Sekolah Aman Bencana dapat menjadi fasilitas pendidikan dengan sarana dan prasarana yang mampu melindungi setiap anak didik dan para tenaga pendidik maupun penghuni sekolah lainnya, serta lingkungan di sekitarnya dari bahaya bencana sesuai standar kedaruratan.

“Kenapa direncanakan usulannya? Sebab, sekolah kita masih rawan bencana khususnya banjir dan tanah longsor," tutupnya. (Adv/Di/Le).

Post a Comment

أحدث أقدم