Wujudkan Kota Peradaban, Terlebih Dahulu SDMnya Dibenahi


Samarinda, Prediksi.co.id-- Pola pikir masyarakat Kota Samarinda menjadi hal penting dalam pembangunan di Kota Tepian. Hal itu disampaikan Ketua Komisi lll DPRD Samarinda Angkasa Jaya Djoerani. 


Ia mengatakan bahwa saat ini yang perlu benahi sebelum melakukan sebuah pembangunan adalah terkait mindset atau pola pikir dari Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di Kota Samarinda. 


Menurutnya Pemkot Samarinda tidak dapat membangun infrastruktur jika SDMnya tidak benahi. Baginya sehebat apapun membangun infrastruktur akan tetapi jika tidak sejalan dengan aturan hal tersebut tidak akan berhasil, sebab membangun budaya manusia itu tidak mudah. 


"Kota Samarinda itu termasuk kota haterogen semua datang kesini masing-masing dengan membawa adat dan budaya, ada orang datang dari luar bisa disiplin dan ada juga yang tidak," ungkapnya, Senin (3/6/2024).


Kata Angkasa Jaya, seharusnya pemerintah daerah jangan dulu menargetkan pembangunan infrastrukturnya, melainkan harus membenahi terlebih dahulu mindset dari manusianya. 


"Kalau Kota Samarinda mau dijadikan kota pusat peradaban artinya mindset manusianya terlebih dahulu yang harus kita benahi. Karena peradaban itu berkaitan dengan yang namanya budaya dan budaya itu berkaitan dengan mindset tersebut," ucapnya.


Lebih lanjut, Angkasa juga menuturkan bahwa ketika ingin melakukan sebuah pembangunan yang harus pemerintah pahami adalah apakah pembangunan tersebut sudah menjadi kebutuhan dasar dari masyarakat Kota Tepian. Lantaran yang jelas sangat berbeda antara kebutuhan dan juga keinginan.


"Kalau kita bicara soal mindset, pastinya kita bicara soal apa yang menjadi kebutuhan dari masyarakat. Jangan sampai apa yang kemudian kita bangun ini malah tidak menjadi kebutuhan dari masyarakat. Kalau memang kita ingin membangun pusat kota peradaban, ya kita harus bangun dulu budayanya, dan hal ini yang harus diperhatikan," pungkasnya. (Adv/Em/Le)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama