Rencana Pemkot Samarinda Pasang Kabel Lewat Jalur Tanah, Jasno: Penataan Kota Lebih Tertata


Samarinda, Prediksi.co.id- Wali Kota Samarinda, Andi Harun mengarahkan agar pemasangan kabel PLN ditata lebih rapi. Orang nomor satu di Samarinda itu akan mengarahkan pemasangan kabel jaringan listrik dilakukan di bawah tanah. 


Hal ini guna menghindari kabel-kabel yang menjuntai dan membahayakan masyarakat yang melintas di bawahnya. Hal itu juga dinilai merusak estetika kota.


Rencana tersebut pun mendapatkan dukungan dan apresiasi dari Anggota Komisi lll Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Samarinda, Jasno. Namun rencananya itu dinilai masih perlu waktu.


"Tapi kalau misalnya rencana penanaman kabel intinya ini aset Pemkot Samarinda maka kita dukung saja," ungkapnya. 


Menurutnya konsep penataan kabel bawah tanah ini dapat membuat tata estetika kota menjadi lebih rapi. Sebab mengacu pada penerapan di Bandung yang menggunakan boks besar untuk saluran kabel, listrik, dan pipa dinilainya dapat menjadi solusi konkrit dalam penataan kota.


"Tapi memang biayanya cukup besar juga. Kalau Pemkot memilih harga yang lebih besar pasti ada pertimbangannya juga," ungkap politikus Partai Amanat Nasional (PAN) ini.


Meskipun mengakui biayanya besar Jasno meyakini bahwa investasi ini akan sepadan dengan manfaat yang akan didapatkan. 


"Sejumlah kota maju sudah menerapkan penanaman kabel bawah tanah sehingga tidak ada lagi kabel yang menggunakan tiang," tegasnya.


Jasno pun menyarankan agar sistem ini dilakukan sekaligus untuk semua jenis kabel termasuk telekomunikasi dan lainnya.


"Saya kalau bisa sekaligus saja tidak hanya kabel listrik milik PLN saja, karena kabel telekomunikasi juga cukup mengganggu dan banyak yang semrawut," tandasnya.(Adv/Em/Le)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama