Proyek Pembangunan Samarinda Tidak Atasi Angka Pengangguran Masyarakat Lokal


Samarinda, Prediksi.co.id-Angka kasus pengangguran di Kota Samarinda masih tinggi. Hal itupun mendapatkan sorotan dari Anggota Komisi II DPRD Samarinda, Abdul Rohim. 


Ia mengatakan Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda sedang meluncurkan proyek-proyek besar seperti pembangunan Teras Samarinda, Terowongan, dan Stadion Segiri. Namun, menurut Abdul Rohim, proyek-proyek tersebut tidak berhubungan langsung dengan penurunan angka pengangguran di kota ini.


“Proyek-proyek yang digarap Pemkot Samarinda ini tidak relevan dalam konteks pengurangan pengangguran. Kita harus mencari cara yang efektif untuk menurunkan angka pengangguran,” ujarnya.


Politisi PKS ini juga menyoroti kebijakan yang membatasi kelurahan untuk hanya mengusulkan satu item pembangunan. Dia menilai, kebijakan ini tidak efektif karena banyak kebutuhan masyarakat yang tidak terakomodir.


“Saat ini, setiap kelurahan hanya diperbolehkan mengusulkan satu item fisik, sektor ekonomi, atau sektor budaya. Ini tidak mencukupi,” ungkapnya.


Ia menekankan bahwa anggaran yang ada lebih difokuskan pada proyek-proyek besar, sementara kebutuhan masyarakat yang lebih mendesak terabaikan.


Abdul Rohim berharap agar pemerintah lebih bijak dalam menentukan prioritas pembangunan, dengan lebih memperhatikan kebutuhan masyarakat yang nyata.


“Harapan saya adalah evaluasi ini menjadi bahan untuk perbaikan ke depannya. Pemerintah harus lebih fokus pada kebutuhan masyarakat daripada proyek-proyek besar yang tidak langsung menyentuh permasalahan pengangguran,” pungkasnya. (Adv/Di/Le).

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama