Pentingnya Pengawasan Saat Darmawisata Sekolah, Antispasi Hal Tidak Diinginkan

Samarinda, Prediksi.co.id-Anggota Komisi IV DPRD Kota Samarinda Deni Hakim Anwar menegaskan pentingnya pengawasan yang lebih ketat terhadap kegiatan darmawisata yang diadakan oleh sekolah-sekolah di Samarinda. 


Pernyataan ini disampaikannya atas kekhawatirannya pada serangkaian insiden yang melibatkan rombongan darmawisata berujung maut di berbagai daerah.


"Kami mengimbau kepada setiap sekolah untuk mempertimbangkan darmawisata di dalam kota. Kota Samarinda juga memiliki banyak tempat wisata menarik yang bisa dijadikan tujuan study tour," ujarnya.


Deni menekankan bahwa jika perjalanan wisata harus dilakukan ke luar daerah, maka persiapan harus dilakukan dengan sangat matang. Ia meminta agar terjadi kesepakatan yang jelas antara pihak sekolah, orang tua siswa, komite, guru, dan pengawas sebelum perjalanan.


"Kalau memang harus ke luar daerah harus benar-benar dipersiapkan dengan matang. Kesepakatan dengan orang tua siswa, komite, guru, dan pengawas harus jelas. Semua harus diatur dengan rinci dari pergi, di tempat, hingga pulang," jelas Deni.


Politikus Partai Gerindra ini menyampaikan kekhawatirannya terhadap keselamatan anak-anak terutama saat mereka mengunjungi tempat-tempat wisata yang berisiko tinggi seperti tepi pantai.


"Pengawasan selama wisata harus diperketat. Jika kegiatan dilakukan di luar kota, pengawasan menjadi hal yang paling penting," tegasnya.


Deni berharap dengan adanya pengawasan yang lebih ketat dan persiapan yang matang, kegiatan darmawisata sekolah dapat berlangsung dengan aman dan menyenangkan, tanpa mengorbankan keselamatan siswa. (Adv/Em/Le)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama