Nilai Probebaya Berjalan Baik, Suparno: Wali Kota Perlu Berkolaborasi Dengan Akademis


Samarinda, Prediksi.co.id- Progam andalan Wali Kota Samarinda Andi Harun ialah Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat (Probrbaya) terus mendapatkan apresiasi dari semua kalangan termasuk legislatif.


Salah satunya Wakil Ketua Komisi I DPRD Samarinda Suparno. Ia dinilai bahwa Probebaya membawa dampak positif langsung kepada masyarakat, sebab program Probebaya berhasil memberikan kebebasan kepada Rukun Tetangga (RT) untuk menentukan prioritas pembangunan di wilayahnya masing-masing. Prioritas ini pun disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.


"Sekarang RT bisa memilih apakah ingin memperbaiki drainase atau penerangan jalan terlebih dahulu. Ini artinya lebih banyak manfaat yang dirasakan langsung oleh masyarakat," tuturnya Senin (10/6/2024).


Melihat program Probebaya, ia pun mengusulkan agar Wali Kota Samarinda lebih aktif berkolaborasi dengan para akademisi dalam merancang kebijakan pembangunan. 


Menurutnya diskusi ini dapat memperdalam pembahasan terkait Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) untuk proyek-proyek besar seperti pembangunan terowongan. 


"Baiknya juga banyak-banyak diskusi bersama akademisi untuk proyek-proyek besar kita, misalnya terowongan jadi soal Amdal bisa lebih dalam lagi," katanya.


Kolaborasi ini, Suparno melanjutkan akan membantu menciptakan keseimbangan yang baik dalam pembangunan, sehingga kebijakan yang diambil dapat memberikan manfaat yang merata bagi seluruh lapisan masyarakat, baik di tingkat bawah maupun atas.


Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut menegaskan bahwa kinerja Andi Harun sejauh ini sudah cukup baik, namun ia berharap ada peningkatan dalam hal keterlibatan akademisi untuk menyempurnakan kebijakan yang diambil.


"Setiap pemimpin tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Ada yang lebih memihak masyarakat bawah tapi kurang memperhatikan kelas menengah, atau sebaliknya. Oleh karena itu, penting untuk menyeimbangkan kepentingan kedua kelompok ini," jelas Suparno.


Dengan adanya kolaborasi yang lebih erat antara pemerintah dan akademisi, Suparno optimis bahwa pembangunan di Samarinda akan lebih terarah dan berdampak positif bagi seluruh warga kota (Adv/Em/Le)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama