Komisi IV Soroti Serapan Anggaran Disdikbud, Anggaran Belum Maksimal Hingga Pembangunan dan Perbaikan Sekolah Belum Rampung


Samarinda, Prediksi.co.id- Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Samarinda mempertanyakan progres pengelolaan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Tahun Anggaran 2024 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Samarinda. 


Hal itu disampaikan melalui hearing bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) yang membahas mengenai progres selama APBD Murni, usulan program di APBD Perubahan T.A 2024, dan APBD Murni Tahun 2025 di Kantor DPRD Samarinda, Rabu (19/6/2024). 


Sekretaris Komisi IV DPRD Kota Samarinda Deni Hakim Anwar mengatakan Disdikbud Kota Samarinda memiliki porsi anggaran sebesar 20 persen dari APBD atau berkisar Rp 1 triliun dari Rp 5,9 triliun, namun serapan anggaran masih mencapai Rp800 milliar. 


"Saat ini serapan itu baru masuk di Rp800 miliar saja. Kita harapkan mudah-mudahan nanti ini bisa dipenuhi sampai angka 20 persen," katanya. 


Politikus Gerindra itu juga menyoroti adanya beberapa progres pekerjaan pembangunan maupun rehabilitasi gedung sekolah yang masih belum terselesaikan. 


Berdasarkan informasi yang diterima pihaknya gedung SD yang membutuhkan direhabilitasi hampir 70 unit dan untuk gedung SMP sekitar 20 unit. 


"Kami melihat beberapa ada yang belum mulai dan ada yang sudah berjalan. Kami harapkan di tahun 2024 ini usulan-usulan perbaikan bisa terpenuhi sekali lagi. Disdikbud Samarinda betul-betul bisa melakukan percepatan terhadap pembangunan ini. Artinya jangan sampai yang sudah tersedia tapi tidak bisa dikerjakan," jelas Deni. 


Deni menegaskan, seharusnya ketika anggaran tersebut telah diketuk dan disahkan antara Pemkot dan DPRD Samarinda, maka anggaran yang ada segera dilakukan percepatan.


"Karena mengejar waktu nantinya mengenai tindak lain sebagainya itu mestinya segala lebih cepat atau disegerakan," tandasnya.(Adv/Em/Le)


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama