Kemauan Belajar Teknologi dan Mendukung Digitalisasi Jadi Faktor Sukses Pengusaha


Samarinda, Prediksi.co.id- Anggota Komisi II DPRD Samarinda Laila Fatihah menekankan pentingnya kemauan belajar teknologi dan mendukung digitalisasi sebagai faktor kesuksesan pengusaha di era modern ini. 


Politisi PKB ini menjelaskan sektor perhotelan dan restoran di Kota Samarinda masih menjadi penyumbang retribusi terbesar. Namun untuk terus bertahan dan berkembang, mereka harus beradaptasi dengan sistem digital.


Bagaimana sektor perhotelan dan restoran mengadaptasi teknologi sebagai salah satu langkah untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dan warga lokal untuk menikmati fasilitas yang mereka tawarkan.


"Retribusi yang paling besar di Kota Samarinda ini masih dipegang oleh perhotelan dan restoran. Kalau kita melihat, mereka ini sudah menggunakan aplikasi digital dan sistem online. Kita tahu sendiri bahwa sistem online ini bagus tetapi harus disosialisasikan yang ditunjang oleh alat," ujar Laila.


Hal tersebut diharapkan Laila dapat menjadi contoh bagi para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk meningkatkan penjualan dan pengenalan atau branding bagi produk mereka.


Ia juga menekankan bahwa sosialisasi sistem digital harus didukung oleh pemerintah dengan peralatan yang memadai. Jika alat yang diberikan hanya sekedarnya dan cepat rusak, maka proses digitalisasi tidak akan efektif.


"Kalau mereka hanya sosialisasi saja, alat yang diberikan sekedarnya saja dipakai tiga bulan rusak, maka percuma kalau dimasukkan ke masa digitalisasi seperti ini. Sudah harus familiar dengan aplikasi inovasi melalui aplikasi tersebut," tambahnya.


Pentingnya sosialisasi yang baik dalam memperkenalkan teknologi baru kepada masyarakat dan pengusaha. Perubahan aturan dan penerapan sistem baru sering kali menimbulkan pro dan kontra di kalangan masyarakat. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan yang bertahap dan komunikatif.


"Nah ketika masyarakat diberikan pilihan suatu aturan baru, mereka akan timbul pro kontra dan kita lihat sendiri lebih banyak kontranya daripada pro-nya. Nah di sini diperlukan yang namanya sosialisasi pelan-pelan untuk bisa melancarkan segala aktivitas di era digitalisasi," jelasnya. (Adv/Em/Le)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama