Ini Respon Abdul Rohim Soal Program Unggulan Smart City

Samarinda, Prediksi.co.id- Smart City merupakan salah satu program unggulan di masa kepemimpinan Wali Kota Samarinda Andi Harun-Rusmadi Wongso. Hal itu pun mendapatkan respon dari Anggota Komisi ll DPRD Samarinda Abdul Rohim.


Ia menginginkan agar penerapan Smart City diharapkan mampu memberikan efisiensi hingga 20 sampai 30 persen terhadap penggunaan daya energi dan pengeluaran. 


"Smart City ini bukan hanya soal layanan publik yang beralih ke digitalisasi, tetapi juga soal efisiensi. Mestinya penerapan Smart City bisa memberikan efisiensi bahkan 20 sampai 30 persen sehingga daerah ini bisa memiliki surplus keuangan," katanya. 


"Salah satu contoh efisiensi yang dapat dilakukan melalui program Smart City adalah pengeluaran untuk penggunaan listrik. Ruang Rapat DPRD Kota Samarinda dan beberapa tempat lainnya menggunakan pendingin udara atau AC," lanjutnya.


Menurutnya dengan adanya program Smart City, maka ketika tidak ada aktivitas, aliran listrik menuju ruang rapat DPRD dapat otomatis dimatikan, sehingga terjadi efisiensi pengeluaran listrik.


"Dengan efisiensi dari program Smart City, biaya listrik yang semula 20 juta dapat ditekan menjadi 10 juta. Teknologi dari Smart City menjadi solusi untuk mengoptimalkan pengeluaran daerah," tuturnya.


Abdul Rohim pun mengharapkan implementasi program Smart City yang digagas oleh Andi Harun dapat memberikan dampak positif tidak hanya dalam hal digitalisasi layanan public demi sebuah percepatan pelayanan ke masyarakat, tetapi juga dalam efisiensi pengeluaran.


"Sehingga Kota Samarinda dapat lebih efisien dalam pengelolaan keuangan daerah," pungkasnya.(Adv/Em/Le)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama