Bupati Kukar Dukung Pemanfaatan Lahan Eks Tambang untuk Ketahanan Pangan

Tenggarong, Prediksi.co.id- Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Edi Damansyah, mengungkapkan lahan eks tambang batu bara dapat dikelola untuk mendukung ketahanan pangan setelah direklamasi. Contohnya adalah lahan milik PT Kitadin yang telah ditanami jagung bersama petani setempat.

"Pemanfaatan lahan memang harus direncanakan sebelumnya agar lahan eks tambang tidak ditinggal begitu saja, tapi wajib direklamasi agar menjadi kawasan yang produktif kembali," kata Edi Damansyah.

Edi menjelaskan bahwa tingkat produktivitas lahan dapat diukur dari berbagai pemanfaatan, baik itu untuk perhutanan, pertanian tanaman pangan, peternakan, maupun perikanan. Oleh karena itu, perusahaan tambang harus bertanggung jawab terhadap lahan yang mereka tinggalkan.

Bupati Edi memberikan apresiasi kepada PT Kitadin yang telah melakukan reklamasi lahan eks tambang. Pekan lalu, ia bersama masyarakat, perwakilan perusahaan, dan instansi terkait di Kukar telah melakukan penanaman jagung di lahan tersebut.

"Dengan reklamasi yang tepat, lahan eks tambang dapat menjadi produktif kembali dan mendukung ketahanan pangan di daerah kita," tambahnya. (Adv/Di/Le)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama