Bertambahnya Jumlah Penduduk Akibatkan Jumlah Sampah Meningkat

 


Samarinda, Prediksi.co.id- Anggota Komisi III DPRD Kota Samarinda, Anhar mengungkapkan dengan bertambahnya jumlah penduduk masyarakat harus lebih peduli terhadap lingkungan. 


Namun, ia juga melihat adanya perubahan dalam pola aktivitas masyarakat Samarinda.


“Berapa jumlah penduduk kita sekarang? Menurut saya, pola hidup masyarakat telah berubah, yang dulunya banyak beraktivitas di rumah kini lebih sering menghabiskan waktu di mal-mal,” ujarnya, Selasa (11/6/2024).


Anhar menekankan pentingnya mengetahui sumber-sumber sampah untuk mengatasi masalah ini. Ia berpendapat bahwa dengan mengetahui asal usul sampah, penanganannya akan lebih efektif. Oleh karena itu, diperlukan pendataan yang rinci mengenai produksi sampah.


“Darimana saja sampah ini berasal? Berapa persen dari mal, dari warung, dan dari rumah tangga? Pemisahan sampah harus jelas,” tambahnya


Selain itu, ia menyarankan agar ada inovasi-inovasi baru dalam penanganan sampah dan peningkatan kesadaran masyarakat mengenai pengelolaan sampah.


“Sebenarnya tidak sulit, kita butuh terobosan baru. Penanganan sampah bisa lebih mudah jika kita mengubah perilaku dan cara berpikir dalam mengelola sampah dengan baik,” tutupnya. (Adv/Di/Le)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama