Angkasa Desak Pemkot Segera Ambil Tindakan Konkrit Atasi Persolan Air Bersih


Samarinda, Prediksi.co.id-Air bersih di Kota Samarinda terus menjadi persolan bagi masyarakat. Hal itu disampaikan Ketua Komisi III DPRD Kota Samarinda Angkasa Jaya Djoerani. 


Ia pun mendesak Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda untuk segera menuntaskan krisis air bersih yang dialami warga. Pasalnya persoalan air bersih terus mendapatkan keluhan bahkan ketika curah hujan cukup tinggi, kesulitan air bersih yang dirasakan warga seolah sedang berada di musim kemarau. 


Menurut Angkasa, diperlukan standar baku yang jelas mengenai air yang aman dikonsumsi masyarakat. Jangan sampai kesulitan air bersih ini menimbulkan korban jiwa untuk kota semaju Samarinda.


"Jadi kita minta pemkot ini segeralah diatasi. Jangan sampai nanti timbul korban jiwa karena sembarangan konsumsi air karena kesulitan air kan kasian," ujarnya, Rabu (12/6/2024).


Ia pun berharap Pemkot Samarinda segera mengambil langkah konkret untuk menyelesaikan masalah krisis air bersih dan memastikan bahwa masyarakat mendapatkan akses air yang aman dan sehat untuk kebutuhan sehari-hari.


Politisi PDI Perjuangan itu menekankan pentingnya perhatian pemerintah untuk segera menyediakan air bersih yang layak bagi masyarakat. Selama ini, kesulitan mendapatkan air bersih membuat warga terpaksa menggunakan air sungai untuk keperluan sehari-hari seperti mencuci dan mandi. 


Penggunaan air sungai tanpa diproses terlebih dahulu yang bahkan belum diketahui bagaimana kandungan di dalamnya sangat berbahaya. Warga dapat terkena penyakit yang dapat menganggu pencernaan, seperti diare.


"Itu tugas Pemkot menyiapkan air yang layak dan bersih kepada masyarakat dan melarang warganya menggunakan air sungai kalau tidak lazim," tandas Angkasa. (Adv/Em/Le)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama